pondasi rumah 3 lantai

Tuesday, July 28th, 2015 -
pondasi rumah 3 lantai
Cara Membuat Pondasi Rumah Yang Kuat Dan Awet: pondasi rumah 3 lantai

Pondasi Rumah Kokoh dan Awet ~  Rumah adalah sebuah bangunan permanent yang diharapkan mampu untuk bertahan hingga puluhan tahun ke depan, dari generasi ke generasi. Tugas pemilik rumah selanjutnya adalah tinggal merawat dan memperbaiki beberapa komponen bangunan rumah yang telah usang.

Dalam pembuatan bangunan, dalam hal ini adalah rumah, hal yang paling penting dan paling dasar adalah fase pembuatan pondasi rumah, sebab sebagus apapun rumah itu akan didesain, tidak akan begitu bermanfaat jika pondasinya rapuh dan menyebabkan kekuatan rumah menjadi sangat minim.

Tips Membangun Pondasi Rumah Yang Benar

Barangkali saat ini anda sedang ingin mencari tahu tentang Cara membuat pondasi rumah yang kokoh dan awet atau mungkin hanya sekedar ingin menambah wawasan mengenai hal ini, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang pondasi rumah.

• Mengetahui jenis pondasi
Pondasi rumah terdiri dari dua jenis, yaitu pondasi dangkal dan pondasi dalam. Sesuai dengan namanya, pondasi dangkal dibangun pada tingkat kedalaman tidak lebih dari satu meter. Hal ini disebabkan karena konstruksi tanah yang sangat keras. Umumnya pondasi dangkal ini dibuat untuk bangunan seperti pos ronda, toko kecil, air mancur dan bangunan-bangunan sederhana lainnya.

Pondasi dalam dibangun dengan kedalaman lebih dari satu meter, tujuannya adalah agar bangunan tersebut menjadi lebih kokoh dan awet, untuk pembangunan rumah akan lebih disarankan menggunakan pondasi dalam. Terutama jika dibangun pada dataran yang tidak rata seperti perbukitan.
Setelah menemukan jenis pondasi yang akan dibuat, langkah selanjutnya adalah menentukan lebar dari pondasi itu sendiri, standart yang biasa digunakan adalah setengah meter, lebar pondasi ini akan berkaitan erat dengan proses pembuatan pondasi, semakin lebar ukuran pondasi maka akan semakin memudahkan anda dalam menyusun batu bata dan semen didalamnya.

Untuk menahan bentuk pondasi yang telah anda rancang gunakanlah bantuan papan untuk menyangga dan mempertahankan bentuknya agar tidak berubah, pada saat melakukan langkah ini harap diperhatikan dengan cermat agar tidak terjadi kesalahan yang fatal.

Langkah selanjutnya adalah membuat adonan semen, menyusun batu bata dan membentuk pondasi sesuai dengan standart yang ada. Setelah pondasi selesai biarkan semen yang melekatkan batu bata ini benar-benar mengering, dibutuhkan waktu selama kurang lebih 24 jam, setelah itu anda dapat melepaskan papan penyangga pondasi dengan leluasa. Meskipun telah kering pondasi ini masih sangat rentan, oleh sebab itu gunakanlah penutup plastik agar tidak terkena air hujan.

Demikian adalah pembahasan sederhana tentang cara membuat pondasi rumah yang kokoh dan awet semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Top Artikel Rumah

kedalaman pondasi rumah 3 lantai, pondasi rumah beton, struktur pondasi rumah 3 lantai, pondasi rumah 3 lantai

Pictures gallery of pondasi rumah 3 lantai

  • pondasi rumah minimalis
  • pondasi rumah tahan gempa
  • pondasi rumah 3 lantai
  • pondasi rumah 2 lantai
  • pondasi rumah 4 lantai
  • pondasi rumah sederhana